Logo Bloomberg Technoz

Persiapan El Nino, Pemerintah Beri Kredit Lunak Bagi BUMN Pangan

Wike Dita Herlinda
10 July 2023 19:40

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi dan Dirut Perum Bulog Budi Waseso di Istana Negara. (Tangkapan layar Setpres RI)
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi dan Dirut Perum Bulog Budi Waseso di Istana Negara. (Tangkapan layar Setpres RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah menyiapkan insentif bantuan kredit lunak bagi badan usaha milik negara (BUMN) sektor pangan, guna memaksimalkan pengadaan dalam negeri di tengah antisipasi terhadap dampak gangguan produksi pertanian akibat El Nino.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan insentif tersebut telah dibahas dengan Presiden Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Sedang disiapkan skema pembiayaan murah dari menkeu. Artinya, [BUMN pangan] tidak diberi PMN [penyertaan modal negara], tetap dalam bentuk pinjaman. Ada penjaminan dari menteri keuangan, kemudian diberikan ke Himbara [himpunan bank milik negara], dan Himbara akan memberikannya ke BUMN bidang pangan, yaitu Bulog dan ID FOOD,” ujarnya seusai rapat terbatas di Istana Negara, Senin (10/7/2023), dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Dia mengelaborasi program penjaminan pendanaan untuk Bulog sudah berjalan dengan nilai Rp1 triliun. Sementara itu, untuk ID FOOD, pemerintah menyiapkan pinjaman lunak senilai Rp3 triliun.

“Yang disiapkan penjaminannya Rp3 triliun, tetapi itu kan kalau di ritel kita pakai [skema] turn over. Jadi kalau 3—4 kali turn over, [pinjamannya] bisa sampai Rp12 triliun. Itu plafon yang diberikan kepada ID FOOD,” jelas Arief.