Logo Bloomberg Technoz

Biden Umumkan Investasi Panel Surya Rp903 M, Mau Pamer Bidenomics

News
06 July 2023 10:05

Presiden AS Joe Biden melakukan kick off maju lagi di Pemilu AS 2024 (Bloomberg/Hannah Beier)
Presiden AS Joe Biden melakukan kick off maju lagi di Pemilu AS 2024 (Bloomberg/Hannah Beier)

Elizabeth Kim – Bloomberg News 

Bloomberg, Presiden Joe Biden akan mengumumkan investasi senilai US$60 juta atau setara Rp903,53 miliar dari Enphase Energy Inc., produsen peralatan energi surya. Pengumuman ini disampaikan saat dia melakukan perjalanan ke South Carolina, merupakan upaya terbaru untuk menegaskan agenda ekonomi pemerintahannya saat dia mencari dukungan kembali dari pemilih.

Menurut informasi dari Gedung Putih, investasi tersebut akan menciptakan 1.800 pekerjaan baru di seluruh AS, termasuk 600 pekerjaan di South Carolina antara Enphase dan mitranya, raksasa manufaktur multinasional Flex Ltd. Enphase bertujuan untuk membuka enam lini manufaktur baru, memperkuat rantai pasokan energi bersih dan membantu memberi daya sebanyak 1 juta rumah per tahun dengan energi surya.

Perjalanan ke South Carolina dilakukan ketika presiden meningkatkan kampanye dirinya untuk pemilihan kembali dengan serangkaian acara untuk memperjuangkan pencapaian agenda ekonomi pemerintahannya, yang oleh Gedung Putih disebut Bidenomics.

Biden juga menjelaskan usaha untuk menciptakan pekerjaan manufaktur di AS sebagai inti dari usahanya, sebagian didorong oleh undang-undang yang dia tandatangani menjadi undang-undang termasuk Undang-Undang Pengurangan Inflasi senilai $370 miliar dan Undang-Undang CHIPS dan Sains senilai US$52 miliar.