Logo Bloomberg Technoz

Mewujudkan Net Zero Emisi Lewat Pembangunan Panel Surya & Baterai

News
28 May 2023 16:04

Perkembangan manufaktur pembuat energi bersih. (dok Bloomberg)
Perkembangan manufaktur pembuat energi bersih. (dok Bloomberg)

Nathaniel Bullard – Bloomberg News

Bloomberg, Jika dunia ingin mencapai emisi nol bersih pada pertengahan abad, kita perlu memasang turbin angin dan panel surya, serta baterai, elektrolisis hidrogen, pompa panas berkali-kali lipat lebih banyak. Butuh pengerjaan atas semua ambisi ini.

Sebuah analisis baru dari Badan Energi Internasional (IEA) menunjukkan gambaran industri energi bersih terkini. Analisis ini memperbarui catatan sebelumnya terkait teknologi energi hanya dalam beberapa bulan, dan untuk alasan: pengembangan manufaktur berkembang cepat sehingga kapasitas produksi tenaga surya dan baterai bisa memenuhi tonggak pencapaian tahun 2030. Ini sesuai yang skenario IEA untuk emisi nol tanpa CO2 pada tahun 2050.

Laporan tersebut merinci karakteristik industri dari berbagai teknologi. Terdapat dua variabel, menurut IEA. Pertama adalah skala relatif mereka pada tahun 2021.

Dua tahun lalu, kapasitas yang ada untuk membuat teknologi surya, angin, dan pompa panas, dapat menyediakan sekitar seperempat dari peralatan yang dibutuhkan untuk berada di jalur net zero. Tetapi pada tahun yang sama, kapasitas untuk membuat baterai dan elektrolisis hidrogen, jauh di bawah yang dibutuhkan untuk mencapai zero karbon.