Logo Bloomberg Technoz

Montenegro Penjarakan Buronan Kripto Rp600 Triliun selama 4 Bulan

News
20 June 2023 12:05

Co-founder dan chief executive officer Terraform Labs, Do Kwon. (Woohae Cho/Bloomberg)
Co-founder dan chief executive officer Terraform Labs, Do Kwon. (Woohae Cho/Bloomberg)

Misha Savic - Bloomberg News

Bloomberg, Pengadilan Montenegro menjatuhkan hukuman penjara 4 bulan kepada pendiri Terraform Labs, Do Kwon karena mencoba bepergian dengan paspor palsu. Terraform Labs merupakan developer koin kripto TerraLUNA dan TerraUSD yang kolaps tahun lalu yang membuat investor kehilangan dana US$40 miliar atau setara Rp600 triliun (asumsi Rp15.000/US$).

Han Chang-joon, yang merupakan kepala keuangan Terraform Labs, juga dihukum penjara 4 bulan atas kejahatan yang sama, Pengadilan Montenegro mengatakan dalam sebuah email, Senin (19/6/2023). Kedua dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut.

"Setelah kami menerima putusan secara tertulis, kami akan berkonsultasi dengan klien kami tentang kemungkinan banding," kata pengacara keduanya, Goran Rodic. Pengadilan memiliki waktu hingga 30 hari untuk secara resmi memberi tahu pembela dan juga kejaksaan, yang juga dapat mengajukan banding atas putusan tersebut.

Keruntuhan kripto TerraLUNA dan TerraUSD milik Do Kwon (Bloomberg)

Do Kwon dan Han Chang-joon ditangkap di Montenegro pada Maret lalu ketika mereka mencoba menaiki jet pribadi dalam perjalanan ke Dubai. Pihak berwenang bertindak berdasarkan surat perintah penangkapan internasional yang dikeluarkan setelah runtuhnya koin kripto TerraLUNA dan TerraUSD.