Logo Bloomberg Technoz

Mahfud MD: Proyek Satelit Satria 1 dan BTS Bakti Tak Berkaitan

Fransisco Rosarians Enga Geken
19 June 2023 20:20

Plt Menkominfo Mahfud MD memberikan keterangan mengenai peluncuran Satelit Republik Indonesia 1 atau SATRIA 1 (Tangkapan Layar Instagram @mohmahfudmd)
Plt Menkominfo Mahfud MD memberikan keterangan mengenai peluncuran Satelit Republik Indonesia 1 atau SATRIA 1 (Tangkapan Layar Instagram @mohmahfudmd)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pejabat pelaksana tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika, Mohammad Mahfud atau Mahfud MD membantah sejumlah rumor dan isu yang menuding Satelit Republik Indonesia atau SATRIA-1 tak akan berfungsi karena proyek pembangunan base transceiver station (BTS) Bakti mangkrak. Menurut dia, dua proyek Kementerian Kominfo tersebut tak saling berkaitan.

"Sekali lagi saya tegaskan ini tidak ada hubungannya dengan kasus BTS 4G karena ini merupakan proyek tersendiri untuk memberikan layanan publik di daerah tertinggal, terdepan, dan terpencil," ujar Mahfud dalam video yang dilansir Kementerian Kominfo, Senin (19/6/2023).

Pemerintah memang masih gagal menjalankan proyek BTS 4G dan sarana pendukung paket 1-5 Bakti. Hal ini terjadi usai Kejaksaan Agung mengungkap proyek senilai nyaris Rp11 triliun tersebut menjadi ajang pencurian uang negara oleh sejumlah orang.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mencatat dugaan kerugian negara dalam proyek tersebut mencapai Rp8 triliun. 

Proyek tersebut seharusnya membangun 4.200 menara BTS 4G di daerah terluar, terpencil, dan tertinggal (3T). Berdasarkan data citra satelit, hanya ada 958 menara BTS yang sudah terbangun. Jumlah itu pun diduga tak berfungsi atau sesuai spesifikasi.