Logo Bloomberg Technoz

IPO Alami Downsize, Amman Mineral Peroleh Dana Rp10 T

Muhammad Julian Fadli
19 June 2023 14:41

Truk pengangkut mineral pertambangan emas dan tembaga milik Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)
Truk pengangkut mineral pertambangan emas dan tembaga milik Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Proses initial public offering (IPO) PT Aman Mineral Internasional telah memasuki penetapan harga. Dilansir dari Bloomberg News, Senin (19/6/2023), harga ditetapkan di level Rp1.695/saham.

Harga tersebut tidak terpaut jauh dibanding batas bawah rentang harga penawaran yang semula Rp1.650/saham hingga Rp1.775/saham. Jumlah emisi yang diterbitkan mengalami penurunan atau downsize menjadi 6,33 miliar saham.

Sebelumnya, dalam prospektus, Amman Mineral Internasional menargetkan menerbitkan sebanyak-banyaknya 7,29 miliar saham. Meski begitu, IPO Amman Mineral Internasional masih menjadi emisi terbesar tahun ini.

Dengan harga pelaksanaan dan jumlah emisi yang diterbitkan, enitas usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) tersebut meraup dana segar sekitar Rp10,73 triliun.

Amman Mineral Internasional akan menggunakan dana hasil IPO, diantaranya untuk etoran modal kepada PT Amman Mineral Industri. Amman Mineral Industri kemudian akan menggunakan setoran modal ini untuk pengeluaran modal proyek smelter di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.