Logo Bloomberg Technoz

Fasilitas tersebut menandai proyek terbaru dari Intel di UE di tengah memburuknya hubungan blok tersebut dengan China. Intel memiliki fasilitas fabrikasi wafer yang sudah ada di Irlandia dan berencana untuk membangun kompleks cip utama di Jerman timur, karena berusaha menciptakan rantai nilai manufaktur semikonduktor end-to-end di Eropa.

“Kami harus melalui persetujuan UE, tetapi jika saya ingin mendapatkan bola kristal saya, maka sekitar 2027,” kata Chief Global Operating Officer Intel Keyvan Esfarjani dalam sebuah wawancara, mengacu pada tanggal mulai tentatif untuk pabrik Polandia. “Pabrik ini sangat dibutuhkan.”

Morawiecki, yang menghadiri upacara tersebut, mengatakan pabrik Intel akan menjadi "magnet" untuk investasi teknologi lebih lanjut di Polandia dan akan memperkuat hubungan negara tersebut dengan AS. Dia menyebutnya investasi greenfield terbesar di negara ini.

Fasilitas fabrikasi wafer, atau fab, membuat cip pada wafer  silikon melalui proses kimia, mekanis, dan optik. Fasilitas perakitan dan pengujian, seperti yang direncanakan di Polandia, menerima wafer lengkap dari fab, memotongnya menjadi cip individu, merakitnya menjadi produk akhir dan menguji kinerja dan kualitasnya.

Pengumuman tersebut dikeluarkan saat pemerintah Jerman bersiap untuk meningkatkan subsidi untuk pabrik yang direncanakan di sana menjadi sekitar €10 miliar (US$10,9 miliar), Bloomberg melaporkan Kamis, mengutip orang-orang yang mengetahui negosiasi tersebut. Biaya yang diproyeksikan untuk kompleks itu membengkak dari €17 miliar menjadi €30 miliar, kata mereka.

Gelsinger dijadwalkan bertemu Kanselir Jerman Olaf Scholz di Berlin pada Senin.

Proyek Eropa adalah bagian dari dorongan Gelsinger untuk mengembalikan perusahaan ke puncak industri semikonduktor setelah diambil alih oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. Sebagian besar produksi Intel saat ini berlokasi di Asia Timur.

(bbn)

No more pages