Logo Bloomberg Technoz

AS Bantah China Bangun Pangkalan Mata-mata di Kuba

News
09 June 2023 14:30

Bendera China dan Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Bendera China dan Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Jenny Leonard dan Jordan Fabian - Bloomberg News

Bloomberg, Gedung Putih membantah laporan bahwa pemerintah China membuat kesepakatan dengan Kuba mendirikan pangkalan mata-mata di pulau tersebut, yang akan menargetkan pangkalan militer dan komunikasi Amerika Serikat (AS).

“Saya sudah melihat pemberitaannya. Dan kabar tersebut tidak akurat,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby dalam sebuah wawancara di MSNBC, tanpa menyebutkan apakah keseluruhan laporan salah.

Wall Street Journal melaporkan pada Kamis (8/6/2023) bahwa China dan Kuba telah membuat kesepakatan rahasia mendirikan fasilitas mata-mata di pulau tersebut, mengutip sumber dari pejabat AS, yang mengatakan Beijing membayar miliaran dolar untuk membuka pangkalan tersebut. Fasilitas itu akan memungkinkan dinas intelijen China menguping komunikasi elektronik di seluruh AS tenggara di mana banyak pangkalan militer berada, menurut laporan tersebut.

AS mengetahui rencana tersebut beberapa pekan belakangan, namun percaya pembangunan fasilitas tersebut belum dimulai, dilaporkan CNN pada Jumat (09/06/2023) mengutip dua sumber yang mengetahui masalah tersebut.