Logo Bloomberg Technoz

Menlu AS Akan ke China dalam Waktu Dekat, Bertemu Xi Jinping?

News
07 June 2023 06:45

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)
Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)

Jenny Leonard dan Annmarie Hordern - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken berencana untuk pergi ke China dalam beberapa pekan mendatang untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat tinggi, termasuk peluang bertemu Presiden Xi Jinping, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut, karena AS ingin melanjutkan komunikasi tingkat tinggi walaupun ketegangan terus belanjut.

Blinken telah berencana berkunjung ke Beijing pada Februari 2023, namun rencana perjalanan tersebut dibatalkan setelah AS mengidentifikasi adanya balon mata-mata China yang melintasi benua AS. Waktu yang tepat bagi kunjungan Blinken masih belum bisa dipastikan, menurut sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan mereka masih belum bisa mengumumkan apapun mengenai rencana perjalanan tersebut. Kunjungan Blinken yang sebelumnya tertunda akan dilakukan ketika kondisi memungkinkan.

Kunjungan tersebut akan menjadi bagian dari upaya Presiden AS Joe Biden untuk memulihkan hubungan kedua negara. Beijing Washington terus diguncang oleh ketegangan militer, tindakan ekonomi yang saling menghukum, dan tuduhan dari kedua pihak bahwa pihak lain membahayakan stabilitas global.