Logo Bloomberg Technoz

Bakal Jadi CEO GOTO, Ini Sepak Terjang Patrick Walujo

Krizia Putri Kinanti
08 June 2023 16:04

Co-Founder & Managing Partner Northstar Group Patrick Sugito Walujo (Dimas Ardian/Bloomberg)
Co-Founder & Managing Partner Northstar Group Patrick Sugito Walujo (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, JakartaPT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengusulkan perubahan manajemen pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) pada 30 Juni 2023 mendatang.

Manajemen menominasikan Co Founder Northstar Group Patrick Sugito Walujo untuk memimpin GOTO sebagai Direktur Utama menggantikan Andre Soelistyo. Sementara itu, Andre Soelistyo akan mengisi dewan komisaris, bertukar posisi dengan Patrick.

Dalam pernyataan tertulisnya, Patrick mengatakan sebagai salah satu investor pertama Gojek dan Komisaris GoTo, dirinya selalu memiliki kepercayaan besar terhadap Perseroan. Dalam beberapa bulan terakhir, Dewan Komisaris terus berkoordinasi dengan erat dengan manajemen Perseroan untuk memastikan pelaksanaan strategi dalam rangka mencapai target profitabilitas.

"Apabila nominasi saya disetujui oleh pemegang saham dalam RUPST mendatang, saya akan berdedikasi penuh kepada GoTo dan bekerjasama dengan jajaran direksi lainnya untuk mendorong kemajuan unit bisnis, terus mengoptimalisasi strategi Perseroan menuju target profitabilitas serta memperkokoh landasan pertumbuhan jangka panjang," ujar Patrick.

Patrick Walujo sebenarnya bukan orang baru di GOTO. Ia bersama sama Andre Soelistyo, Nadiem Makarim dan para founder lainnya ikut membesarkan Gojek sejak masih beroperasi dari garasi rumah hingga menjadi unicorn, decacorn, merger dengan Tokopedia dan mencatatkan diri sebagai perusahaan publik (IPO).

Patrick Walujo yang dikenal low profile dalam publikasi di media maasa memiliki segudang pengalaman. Pria ini merupakan wakil presiden senior di Pacific Century Ventures Ltd di Tokyo, Jepang