Logo Bloomberg Technoz

Diadang UU Deforestasi, Pakta I-EU CEPA Tetap Ditenggat Desember

Rezha Hadyan
06 June 2023 16:50

Perkebunan Kopi Arabika di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (25/5/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Perkebunan Kopi Arabika di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (25/5/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah memastikan isu UU Deforestasi Uni Eropa (UE) atau EU Deforestation Regulation (EUDR) tidak akan mengganggu jalannya perundingan pakta comprehensive economic partnership agreement (CEPA) antara Indonesia dengan blok mata uang tunggal itu.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan sampai dengan saat ini negosiasi I-EU CEPA masih berjalan sangat intensif dan telah memasuki putaran ke-14. Pertemuan bilateral keduanya terakhir kali berlangsung pada Mei di Brussel, Belgia.

“Kami berharap pakta I-EU CEPA pada Desember 2023 bisa selesai,” ujarnya saat ditemui seusai rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (6/6/2023).

Percepatan penyelesaian perundingan I-EU CEPA merupakan amanat Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada pertemuan bilateral di sela-sela KTT G20, 14 November 2022 di Bali.

Negosiasi pakta kerja sama ekonomi komprehensif tersebut sudah dimulai sejak 18  Juli 2016. Meskipun berlarut-larut dan tidak kunjung diratifikasi, negosiasi I-EU CEPA diklaim berjalan dengan baik.