Logo Bloomberg Technoz

“Sebagian besar perdagangan ekonomi internasonal mengalir melalui Indo-Pasifik. Kami memiliki kebutuhan nyata di sana, dan kami akan tetap di sana,” kata Kirby.

Insiden tersebut terjadi bahkan ketika para pejabat AS, termasuk Direktur Badan Intelijen Pusat William Burns, baru-baru ini bertemu dengan China. Namun, jabat tangan pada akhir pekan antara kepala Pentagon Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan China Li Shangfu tidak meningkatkan harapan untuk mencairkan hubungan tersebut, dengan kritik perdagangan yang disampaikan keduanya dalam pidato mereka di Shangri-La Dialogue, pertemuan keamanan Asia-Pasifik, yang berlangsung di Singapura pada 2-4 Juni 2023.

Kirby pada Senin (05/06/2023) mengatakan AS berharap hubungan antara dua negara bisa membaik. Ia mengatakan AS sedang membuat kemajuan dalam mengatur kunjungan ke China oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Keuangan Janet Yellen, dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo tetapi tidak ada informasi mengenai waktu perjalanan tersebut.

(bbn)

No more pages