Logo Bloomberg Technoz

Gedung Putih Sebut Militer China Makin Agresif

News
06 June 2023 07:46

Gedung Putih / White House (Ist)
Gedung Putih / White House (Ist)

Justin Sink dan Jenny Leonard - Bloomberg News

Bloomberg - Manuver intersepsi militer oleh kapal dan pesawat China menunjukkan “agresivitas yang meningkat” dari Beijing, dan berisiko menimbulkan insiden yang membahayakan, kata Gedung Putih pada Senin (05/06/2023).

“Tidak butuh waktu lama sampai seseorang akan terluka,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby kepada wartawan di Gedung Putih. “Itulah masalah pada penyadapan yang tidak aman dan tidak profesional ini. Mereka dapat menyebabkan kesalahpahaman, mereka dapat menyebabkan salah perhitungan.”

Sebuah kapal perang China melintasi haluan kapal perang Amerika Serikat di perairan Selat Taiwan pada jarak sekitar 150 yard, kata Pentagon, Sabtu (03/06/2023). Intersepsi tersebut memaksa USS Chung-Hoon untuk mengambil tindakan mengelak. Bulan lalu, sebuah jet China melintasi jalur pesawat pengintai AS saat terbang melalui ruang udara internasional.

Kirby mengatakan ia percaya bahwa upaya China mewakili “pernyataan semacam ketidaksenagan terhadap kehadiran kami” di wilayah tersebut. Namun kata dia, AS akan tetap berlayar dan terbang di kawasan tersebut.