Logo Bloomberg Technoz

Prabowo dijadwalkan akan bertemu Menhan Korsel dan Vice President European Commission dan menjadipembicara di sesi ketiga dengan tema pembahasan mengenai Resolving Regional Tensions pada Sabtu (3/6).

Selain itu, di sesi berikutnya Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto dan Dirjen Kerja Sama ASEAN Kemlu Sidharto R. Suryodipuro juga akan hadir dan berpartisipasi sebagai pembicara dari Indonesia.

Prabowo juga dijadwalkan akan bertemu delegasi Amerika Serikat dan Negara ASEAN pada pertemuan U.S. – Southeast Asia Countries Multilateral Meeting.

Turut hadir mendampingi Menhan Prabowo Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi dan Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Steverly C. Parengkuan. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Eskalasi China vs US

KTT tahunan ini berlangsung dengan latar belakang ketegangan internasional yang mencakup invasi Rusia terhadap Ukraina, dukungan China untuk Rusia, dan gerakan China yang semakin agresif terhadap Taiwan

Dalam pidato yang mengawali hari kedua Dialog Shangri-La, kepala Pentagon Lloyd Austin memperingatkan China bahwa konflik atas Taiwan akan menghancurkan Beijing apabila gagal terlibat dalam dialogh yang substantif.

Pada makan malam Jumat malam, Lloyd Austin sempat berjabat tangan dengan mitranya dari China, Li Shangfu, yang telah menolak pertemuan formal kecuali AS mencabut sanksi yang dikenakan padanya.

Austin berbicara di tengah kunjungan rutin Angkatan Laut AS di Selat Taiwan, sebuah langkah yang sering dianggap provokatif oleh China. 

Tindakan tersebut semakin memanaskan hubungan kedua belah pihak di tengah ketegangan terkait Taiwan, pembatasan cip oleh AS dan dukungan diplomatik Beijing untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

(evs)

No more pages