Logo Bloomberg Technoz

Tiga Kereta Api Bertabrakan di India, 233 Orang Tewas

Elisa Valenta
03 June 2023 09:47

Ilustrasi kereta di India (Dhiraj Singh/Bloomberg)
Ilustrasi kereta di India (Dhiraj Singh/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setidaknya 233 orang dikhawatirkan tewas dan lebih dari 900 terluka dalam kecelakaan kereta api besar yang melibatkan dua kereta ekspres dan kereta barang di distrik Balasore Odisha, India pada Jumat (3/6/2023) malam.

Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. ketika dua gerbong 12864 (SMVB-HWH) Yashwantpur-Howrah Express tergelincir di dekat stasiun Kereta Api Bahanaga di distrik Balasore. Gerbong yang tergelincir terlempar ke jalur sebelah dan menabrak Coromandel Express 12841 yang melaju kencang yang datang dari arah berlawanan. Ini menyebabkan penggelinciran sekitar 17 bogie.

Seorang pejabat perkeretaapian mengatakan bahwa beberapa gerbong 12864 Bengaluru-Howrah Superfast Express yang melakukan perjalanan ke Howrah tergelincir di Bahanagabazar dan jatuh di jalur atas.

"Gerbong yang tergelincir ini bertabrakan dengan 12841 Shalimar-Chennai Coromandel Express dan gerbongnya juga terbalik," katanya dilansir dari kantor berita The Hindu.

Sebuah kereta barang juga terlibat dalam kecelakaan itu saat gerbong Coromandel Express menabrak gerbongnya setelah tergelincir.