Logo Bloomberg Technoz

“Sekali lagi saat soft launching atau joyride tersebut, rangkaian kereta masih membawa penumpang dengan jumlah yang terbatas. Namun, kami sudah menerapkan semua tatacara bertransportasi menggunakan LRT Jabodebek seperti saat nanti beroperasi penuh,” tegasnya.

Masyarakat yang berminat mencoba LRT Jabodebek dapat mendaftarkan diri melalui media sosial @lrt_jabodebek saat masa registrasi sudah dibuka.

Besaran Subsidi

Sebelumnya, Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI, Mochamad Purnomosidi mengatakan, penumpang baru akan dikenakan tarif setelah operasi komersial (commercial operation date/COD), 17 Agustus 2023. Operasi komersial LRT Jabodebek akan dilakukan bersamaan dengan peluncuran Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

"12 Juli 2023 Insya Allah kita akan launching dengan beberapa penumpang undangan termasuk media, sementara belum berbayar," kata dia saat ditemui di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu (14/5/2023).

Purnomosidi menjelaskan, sebelum operasi komersial, penumpang LRT Jabodebek akan dibatasi menggunakan undangan dan pendafaran yang akan dibuka melalui media sosial LRT Jabodebek.

Terkait dengan tarif komersial, dia pun belum mau berkomentar banyak. hingga saat ini, belum ada informasi mengenai tarif yang akan dikenakan kepada penumpang pada moda transportasi tersebut.

Penetapan tari LRT Jabodebek masih menunggu besaran subsidi yang akan diberikan oleh pemerintah. Apabila tidak disubsidi, tarif tertinggi atau perjalanan terjauh LRT Jabodebek  dari Jatimulya, Bekasi Timur, Jawa Barat menuju Dukuh Atas, Jakarta Pusat sebesar Rp24.000 dengan tarif rata-rata Rp15.000 per perjalanan.

LRT Jabodebek terbentang sepanjang 44,43 km melintasi Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Proyek ini menelan dana investasi sekitar Rp29 triliun. LRT Jabodebek terbagi ke dalam 3 line, yaitu Line 1 Cawang-Harjamukti, Cibubur sepanjang 14,89 km; Line 2 Cawang-Dukuh Atas sepanjang 11,05 km; dan Line 3 Cawang–Jatimulya, Bekasi Timur sepanjang 18,49 km.

LRT Jabodebek memiliki kapasitas maksimal 700 penumpang, dengan rata-rata perjalanan 400 wahana yang akan terhubung dengan beberapa sistem angkutan umum.

(rez/dhf)

No more pages