Logo Bloomberg Technoz

Terungkap, Ini Investor Kakap yang Borong Saham GOTO sampai ARA

Muhammad Julian Fadli
02 June 2023 13:45

CEO GoTo, Andre Soelistyo. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
CEO GoTo, Andre Soelistyo. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akhirnya masuk ke dalam Indeks MSCI atau MSCI Global Standard Indexes. Indeks ini merupakan salah satu tolok ukur utama kinerja saham dunia, yang kerap dijadikan acuan dalam keputusan investasi.

Pencapaian GOTO tersebut berefek secara langsung terhadap meningkatnya aksi beli bersih (Net Buy) oleh sejumlah investor asing, termasuk para manajer investasi.

Sebagai informasi, Indeks MSCI merupakan indeks saham yang dikeluarkan oleh Morgan Stanley Capital International untuk mengukur kinerja pasar saham di suatu wilayah yang ditetapkan sesuai dengan perhitungan standar MSCI.

Hal tersebut sesuai perkiraan analis Bloomberg Intelligence Nathan Naidu dalam risetnya terkait GOTO yang menyatakan, investor akan mengakumulasi saham GOTO karena masuk ke dalam Indeks MSCI. Menurutnya, setiap bobot 0,1% akan masuk dana sekitar US$100 juta ke saham GOTO.

Pergerakan Saham GOTO Rabu (31/5/2023) (Bloomberg)

Berdasarkan data Bloomberg, terhitung sepanjang perdagangan Mei 2023, net buy saham GOTO mencapai Rp4,57 triliun oleh investor asing. Dengan angka net buy yang tinggi, saham GOTO menguat 34,86% ke posisi Rp147/saham pada penutupan perdagangan Rabu (31/5/2023).