Logo Bloomberg Technoz

AS Mulai Putar Otak demi Saingi Pengaruh China di Amerika Latin

News
02 June 2023 11:05

Kegiatan ekspor China (Sumber: Bloomberg)
Kegiatan ekspor China (Sumber: Bloomberg)

Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) sedang mencari cara baru untuk memperkuat jaringan investasi dan perdagangan bebasnya untuk menyaingi China di pasar Amerika Latin.

Direktur Senior Dewan Keamanan Nasional AS untuk Belahan Barat, Juan Gonzalez, mengatakan pemerintahan Presiden Joe Biden bermaksud memperkuat posisinya di kawasan Amerika Selatan dengan mengubah Development Finance Corporation (DFC); sebuah badan pembangunan AS yang ditujukan untuk membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Selain itu, AS berencana mendukung perubahan di Bank Pembangunan Inter-Amerika atau Inter-American Development Bank, kata Gonzales dalam konferensi di Washington yang diselenggarakan oleh CAF, bank pembangunan lain untuk Amerika Latin; Dialog Inter-Amerika, sebuah lembaga kebijakan; dan Organisasi Negara-Negara Amerika.

Ilustrasi Bendera AS dan China (Sumber: Bloomberg)

“Kami saat ini mencoba untuk bersaing dengan instrumen-instrumen masa lalu pada bidang-bidang di mana China dan negara-negara lain sudah menggunakan instrumen-instrumen masa depan,” kata Gonzalez, mengutip kecepatan pembangunan infrastruktur China di wilayah tersebut dalam beberapa tahun terakhir.