Logo Bloomberg Technoz

Wajarkah Loncatan Harga Saham GOTO Jelang Inklusi MSCI?

Donald Banjarnahor
01 June 2023 18:12

Goto Gojek Tokopedia. (dok perusahaan)
Goto Gojek Tokopedia. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) tiba-tiba melesat hingga menyentuh level auto reject atas (ARA) di akhir perdagangan Rabu (31/5/2023). GOTO menguat 34,86% atau naik 38 poin ke level Rp147 per saham. 

Loncatan harga saham GOTO ini cukup mengagetkan karena sejak awal perdagangan hingga pre closing, saham GOTO lebih banyak berada di zona merah. Pada masa pre-closing, yakni pukul 16.00 WIB aksi beli investor sangat tinggi sehingga menciptakan harga closing Rp147, loncat lebih dari 35%. 

GOTO mencatatkan volume jumbo dengan 45,94 miliar saham berpindah tangan. Total nilai transaksi selama satu hari mencapai Rp6,44 triliun. Hal ini menjadikan GOTO sebagai top volume dan top turnover dalam perdagangan bursa pada hari tersebut. 

Tercatat investor asing agresif mengakumulasi saham GOTO dengan net foreign buy (NFB) sebesar Rp2,86 triliun hanya di pasar reguler. Akumulasi ini menghapus catatan net foreign sell (NFS) yang terjadi beberapa waktu lalu sehingga secara year to date, asing mengamulasi saham GOTO Rp715,15 miliar.

Loncatan harga GOTO ini membantu mengurangi penurunan dalam di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Alhasil, IHSG ditutup hanya koreksi tipis 0,05%, setelah pada sesi 1 terkoreksi dalam 0,74%. Selain itu, akumulasi asing di saham GOTO juga mengurangi outflow dana asing di Bursa Efek Indonesia. Tercatat pada hari tersebut net foreign buy di Bursa mencapai Rp1,34 triliun.