Logo Bloomberg Technoz

Mahfud MD Seleksi Ulang Jabatan Dirut BAKTI

Whery Enggo Prayogi
26 May 2023 18:45

Plt Menteri Kominfo Mahfud MD. (Tangkapan layar Youtube Kementerian Kominfo)
Plt Menteri Kominfo Mahfud MD. (Tangkapan layar Youtube Kementerian Kominfo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Plt Menkominfo Mahfud MD membuka kembali seleksi jabatan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Jabatan ini sebelumnya diemban Anang Latif, yang telah ditetapkan tersangka bersama eks menkominfo Johnny G Plate atas kasus dugaan korupsi pada proyek pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G atau Bakti.

Mahfud MD mengundang profesional dan ahli yang memenuhi syarat untuk mendaftar menjadi calon Dirut BAKTI. “Jangan takut karena tidak akan dikaitkan dengan proses hukum yang berlangsung. Penggantinya diharapkan memperlancar tugas dan kewenangan BAKTI ini,” ucap Mahfud dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Pada seleksi sebelumnya diketahui belum ada peserta seleksi yang memenuhi syarat. Seluruhnya tidak lolos tahapan asesmen. “Proses seleksi yang telah berlangsung separuh perjalanan. Ketika mengerucut (di tahap asesmen), peserta calon Dirut BAKTI tidak ada yang lulus,” ucap Mahfud.

Ketua Panitia Seleksi Jabatan Direktur Utama BAKTI Hary Budiarto menyatakan, hari ini seharusnya dijadwalkan pengumuman hasil asesmen. “Berdasarkan hasil penilaian tahapan asesmen terhadap 12 peserta, tidak ada yang memenuhi kompetensi yang telah ditentukan. Dengan demikian, seluruh peserta yang mengikuti seleksi tahapan asesmen dinyatakan tidak lulus,” kata Hari yang juga menjabat sebagai Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo.

Bagi yang berminat, para calon harus menghadapi serangkaian seleksi mulai dari pemberkasan hingga seleksi administrasi. Jika semua syarat dinyatakan lolos, maka peserta calon Dirut BAKTI akan menuliskan makalah, kemudian tes asesmen untuk profile perilaku dan kompetensi yang dimiliki masing-masing peserta.