Logo Bloomberg Technoz

Kejar Ekspor ke Benua Amerika, RI Incar CEPA dengan Kanada & Peru

Rezha Hadyan
26 May 2023 14:00

Penjajakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam rangka lobi-lobi Indonesia-Canada CEPA di Detroit AS, Kamis (25/5/2023)./dok. Kemendag
Penjajakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam rangka lobi-lobi Indonesia-Canada CEPA di Detroit AS, Kamis (25/5/2023)./dok. Kemendag

Bloomberg Technoz, Jakarta – Indonesia menargetkan dapat segera memiliki pakta kerja sama ekonomi komprehensif dengan Kanada dan Peru, sebagai katalis pemacu ekspor produk hilir pertambangan di samping komoditas andalan lainnya ke kawasan Amerika Utara dan Selatan.

Penjajakan Indonesia terhadap kedua negara tersebut dilakukan di sela kunjungan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ke Detroit, Amerika Serikat (AS) pada 25—26 Mei dalam rangka pertemuan tingkat menteri Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible For Trade (APEC MRT).

Menurut catatan Kementerian Perdagangan (Kemendag), negosiasi Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA) sudah memasuki putaran keempat pada 20—24 Februari di Bandung.

“Kedua negara saat ini bersiap menyelenggarakan putaran kelima perundingan CEPA tersebut pada akhir Mei di Ottawa,” kata Zulkifli melalui keterangan resmi, Jumat (26/5/2023).

Dia mengatakan ICA-CEPA dapat mengakomodasi kerja sama penghiliran produk mineral bernilai tambah di Indonesia, yang selama ini menjadi salah satu fokus pemerintah dalam memacu ekspor nonmigas dari sektor pertambangan.

Perkembangan negosiasi kerja sama perdagangan internasional per Januari 2023. (Sumber: Kemendag)