Logo Bloomberg Technoz

RI & Anggota Indo-Pasifik Segera Teken Pakta Rantai Pasok Global

News
19 May 2023 13:50

Kapal Kargo Logistik (Dok Freepik)
Kapal Kargo Logistik (Dok Freepik)

Eric Martin, Peter Martin and Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Indonesia dan 13 negara lainnya yang terlibat dalam negosiasi Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik atau Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) yang dipimpin Amerika Serikat (AS) hampir mencapai kesepakatan tentang koordinasi rantai pasok global. Mereka diharapkan segera mengumumkan kesepakatan itu paling cepat pekan depan.

Menurut para sumber yang mengetahui pembicaraan tertutup tersebut, para negosiator ingin mengumumkan kesepakatan pada pertemuan tingkat menteri di Detroit pada 27 Mei.

Pembicaraan difokuskan pada pembentukan sistem untuk memberikan peringatan dini ketika negara melihat risiko rantai pasok terganggu. Tujuannya adalah untuk menghindari gangguan global serupa yang dialami selama pandemi virus corona.

Rantai pasok adalah salah satu dari empat “pilar” dalam kerangka yang mulai didiskusikan IPEF tahun lalu. Kerangka lainnya mencakup isu ekonomi bersih, yang berfokus pada transisi ke energi terbarukan dan memerangi perubahan iklim; ekonomi yang adil, yang mencakup masalah perpajakan dan korupsi; serta perdagangan.

Anggota pakta Indo-Pasifik. (Sumber: Bloomberg)