Logo Bloomberg Technoz

Capaian Imunisasi Anak Indonesia Rendah, Rentan Outbreak dan KLB

Sultan Ibnu Affan
25 May 2023 09:50

Ilustrasi imunisasi. (Carolina Cabral/Bloomberg)
Ilustrasi imunisasi. (Carolina Cabral/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Capaian imunisasi dasar lengkap (IDL) di Indonesia ternyata masih rendah. Bahkan angkanya jauh di bawah target pemerintah yakni 33,3% untuk usia 0-11 bulan pada April 2023 ini. Disebutkan belum ada satu pun provinsi yang bisa mencapai target tersebut. Mirinys, ada 5 provinsi yang tingkar imunisasinya di bawah 1% yaitu Provinsi Maluku, Sumatera Utara, DI Yogyakarta, Aceh dan Papua.

"Namun nyatanya capaian hingga April menunjukkan secara nasional di Indonesia baru sebanyak 175 ribu atau 4,02% bayi yang mendapatkan imunisasi lengkap di Indonesia,” ujar Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril di Jakarta sebagaimana rilis yang dikirimkan pada Rabu malam (24/5/2023).

Padahal untuk 2023 secara nasional ditargetkan 100% bayi usia 0-11 bulan mendapatkan imunisasi lengkap dengan target capaian pada trimester pertama sebesar 33,3%.

"Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan dan rentan terjadinya KLB (kejadian luar biasa) karena rendahnya cakupan imunisasi pada anak dan bayi mengakibatkan tidak terbentuknya herd immunity, tentunya nanti akan berpotensi terjadinya outbreak atau KLB,” lanjut dia.

Cakupan imunisasi kata dia harus digenjot mengingat mayoritas provinsi di Indonesia memiliki risiko penularan polio, campak, dan difteri yang tinggi. Sebanyak 21 provinsi dan 296 kabupaten/kota merupakan wilayah dengan risiko tinggi transmisi polio.