Logo Bloomberg Technoz

SMFG Incar Bisnis Investment Banking di Amerika Serikat

News
19 May 2023 15:20

Sumitomo Mitsui Banking Corp. (Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Sumitomo Mitsui Banking Corp. (Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Bloomberg, Sumitomo Mitsui Financial Group Inc. (SMFG) akan melakukan ekspansi sebagai deal maker di Amerika Serikat, setelah meningkatkan kepemilikan di perusahaan investment banking Wall Street Jefferies Financial Group Inc.

“Di AS, kami mengoperasikan bisnis commercial banking yang fokus pada penyaluran pinjaman.  Kami akan beralih ke investment banking seperti penjaminan emisi saham dan obligasi serta advisor merger & acquisition (M&A), bisnis yang menghasilkan pendapatan dari fee," kata Fumihiko Ito, Chief Financial and Strategy Officer SMFG,

Ito berbicara setelah bank terbesar kedua di Jepang ini memperkirakan akan membukukan laba tertinggi dalam 10 tahun, didorong oleh pertumbuhan bisnis ritel dan grosir domestiknya. SMFG bulan lalu mengumumkan niat untuk melipatgandakan sahamnya di Jefferies untuk meningkatkan pasar modal AS dan bisnis advisor M&A.

Ito juga mengatakan perusahaan sedang mencari peluang di global untuk akuisisi manajemen investasi, dan tidak tertarik untuk membeli bank regional AS.

Seperti pesaingnya, bisnis di Amerika Serikat adalah salah satu pendorong pertumbuhan SMFG. CEO Jun Ohta mengatakan kesenjangan dengan pesaing menjadi sangat jelas ketika gagal memanfaatkan ledakan pasar modal selama tahun-tahun pandemi.