Logo Bloomberg Technoz

Prospek MDKA Seusai Hasil Cadangan Tujuh Bukit di Bawah Perkiraan

Dityasa Hanin Forddanta
17 May 2023 15:20

Ilustrasi penambangan dan pengolahan logam dan mineral (dok PT Merdeka Copper Gold Tbk)
Ilustrasi penambangan dan pengolahan logam dan mineral (dok PT Merdeka Copper Gold Tbk)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten tambang yang terafiliasi dengan Grup Saratoga, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) menyelesaikan studi pra-kelayakan proyek Tembaga Tujuh Bukit (TB Tembaga). Sejumlah poin dihasilkan dari studi tersebut.

Sumber daya mineral TB Tembaga sebanyak 1,7 miliar ton dengan kadar 0,47% tembaga dan 0,50 g/t emas. Ini setara dengan kandungan 8,1 juta ton tembaga dan 27.4 juta oz emas. Sementara ,cadangan perdananya sebesar 289 juta ton dengan kadar 0,56% tembaga dan 0,65g/t emas.

Kemudian, produksi kumulatif tambang selama 30 tahun sebesar 1,8 juta ton, terdiri dari 4,1 juta oz tembaga dan emas. Kemungkinan cadangan TB Tembaga sebanyak 289 juta ton dan 114,7 juta ton sumber daya tereka. 

Dari segi valuasi, net present value (NPV) pasca pajak proyek sebesar US$ 3,0 miliar dengan 7% weighted average cost of capital (WACC) dan internal rate of return (IRR) sebesar 20%. NPV tidak termasuk nilai potensial dari sumber daya yang tersisa dapat dieksploitasi melalui lift masa depan 2 blok gua.

Ilustrasi area proyek pertambangan (dok PT Merdeka Copper Gold Tbk)

Erinda Krisnawan, analis Indo Premier Sekuritas mengatakan, hasil kajian tersebut menjadi sentimen positif untuk fundamental MDKA, lantaran kajian tersebut mengkonfirmasi kelayakan TB Tembaga untuk berproduksi.