Logo Bloomberg Technoz

Antisipasi El-Nino, Pemerintah Minta Daerah Pacu Stok Pangan

Sultan Ibnu Affan
12 May 2023 16:40

Kucing berada disamping beras yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Kucing berada disamping beras yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah meminta kepala-kepala daerah untuk memacu stok komoditas pangan strategis di tengah ancaman perubahan cuaca dan El-Nino.

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo mengatakan tugas menjaga cadangan pangan pemerintah (CPP) diatur dalam Peraturan Presiden No. 66/2021 tentang Bapanas.

Untuk itu, guna menghadapi dampak perubahan cuaca dan El-Nino, pemerintah daerah (pemda) melalui dinas-dinas urusan pangan diminta waspada dan melakukan sejumlah langkah antisipasi. 

“Misalnya dengan terus berkoordinasi dengan BMKG, BPBD terkait dengan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, Dinas Pertanian untuk penyiapan irigasi, embung, dan pompa air, Dinas Pangan untuk pemantauan pasokan dan harga, serta memperkuat Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD), serta mengoptimalkan peran BUMD dan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM),” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (12/5/2023).

Dia mengatakan sejauh ini upaya peningkatan CPP terus dilakukan Bapanas, terutama dengan mengoptimalkan peran BUMN pangan seperti Perum Bulog (Persero) dan Holding Pangan ID Food.