Logo Bloomberg Technoz

Bapanas Jelaskan Alasan Minyakita Kembali Dijual di Ritel Modern

Sultan Ibnu Affan
12 May 2023 14:10

MinyaKita di Pasar Murah Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)
MinyaKita di Pasar Murah Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Badan Pangan Nasional (Bapanas) menjelaskan diizinkannya ritel modern untuk kembali menjual Minyakita semata ditujukan untuk memangkas rantai pasok minyak goreng kemasan agar harga komoditas tersebut tetap stabil.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan upaya menjaga stok dan harga Minyakita perlu dilakukan dengan memperluas distribusi di pasar ritel. Hal tersebut tidak terlepas dari tugas instansinya untuk membangun konektivitas pangan dengan menghubungkan hulu dan hilir.

“Untuk itu, saya ajak Ketua Umum Aprindo [Pengusaha Ritel Indonesia Roy N. Mandey] sama-sama melihat dan mengecek sistem pengemasan, ketersediaan, dan kesiapan Minyakita di fasilitas pengemasan milik mitra Food Station sekaligus bertemu dengan Direktur Food Station membahas rencana kerja sama," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (12/5/2023)

Arief mengatakan kolaborasi pendistribusian Minyakita antara Food Station dengan Aprindo akan segera berjalan dan para peritel bisa meng-off take seluruh produksi Minyakita dari Food Station.

"Selain memperluas pendistribusian, langkah ini juga bisa memangkas rantai pasok pangan lebih pendek dan efektif. Apabila telah berjalan, saya minta keseimbangan harga Minyakita di Rp14.000 per liter bisa terus dijaga,” tuturnya.