Logo Bloomberg Technoz

Titah Erick Thohir ke Freeport, Ada Soal Jatah Saham Pemerintah

03 May 2023 16:19

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Tangkapan layar via instagram @erickthohir)
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Tangkapan layar via instagram @erickthohir)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya sudah melakukan perbincangan dengan manajemen PT Freeport Indonesia terkait sejumlah hal, salah satunya soal opsi penambahan saham.

"Jika kontrak (Freeport) sudah selesai, mau diperpanjang, tambah saham pastinya. Tambah saham buat negara supaya pemasukan negara bertambah, masuknya pajak tambah, dan dividen juga bertambah," ungkap Erick dalam keteranganya, Rabu(3/5/2023).

Penambahan itu sejalan dengan rencana penambahan kepemilikan saham di Freeport menjadi 61%, melalui mekanisme perpanjangan kontrak Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Operasi Produksi Freeport.

Saat ini, porsi kepemilikan pemerintah di Freeport sebesar 51%. Adapun IUPK Operasi Produksi Freeport akan berakhir pada 2041.

Selain soal penambahan saham, Erick juga meminta kepada freeport adanya putra daerah sebagai direktur. Dirinya menyampaikan, sudah seyogyanya putra-putra daerah mendapatkan kesempatan dan banyak diantara mereka yang memiliki potensi menjadi direktur.