Logo Bloomberg Technoz

Dia mengatakan meski ada kenaikan penggunaan AI, sektor teknologi dan finansial masih akan menjadi pekerjaan dengan gaji tinggi dalam 20-30 tahun ke depan. "Saya tidak melihat hal itu akan berubah," ujarnya. 

Sekitar 52% dari 556 investor profesional mengatakan teknologi adalah karir yang bagus bagi lulusan SMA. Dari 122 investor ritel, 48 persen memilih sektor teknologi. 

Tren penerimaan pegawai belakangan mendukung hasil survey tersebut. 

Meski saat ini terjadi kelesuan di perusahaan teknologi besar dan startup di Sillicon Valley, bisnis di sektor industri tradisional - mulai dari para produsen kendaraan hingga pemerintah federal - dengan cepat memperkerjakan pakar-pakar teknologi yang terkena PHK atau lulusan baru bidang ini. 

Sekarang ada istilah baru bahwa semua perusahaan adalah perusahaan teknologi. 

Sebagian dari persepsi bahwa situasinya lebih bagus di Sillicon Valley bisa jadi berasal dari perubahan yang dilakukan teknologi pada operasi kerja Wall Steret. 

"Banyak orang yang andal di bidang finansial, tetapi mereka tidak bisa menerapkan strategi trading tanpa bantuan dari pembuat program komputer karena strategi itu tampaknya melampaui kemampuan alami manusia," ujar Challenger. "Saya bisa mengerti alasan mereka merasa terancam."

Para invstor memiliki rekomendasi berbeda bagi anak yang baru mau masuk sekolah dasar tahun ini. Hampir 40% responden mengatakan mereka akan memiliki masa depan gemilang jika memilih karir di sektor layanan kesehatan. 

Survei Bloomberg soal karier terbaik (Sumber: Bloomberg)

Pekerjaan di sektor medis sering kali melibatkan lebih banyak interaksi manusia yang dianggap tidak bisa digantikan oleh AI. 

Sementara itu, investor ritel tidak terlalu antusias dengan pekerjaan di sektor layanan masyarakat dengan angka 41%. Dan di kalangan investor profesional angka itu hanya 38%. 

Satu laporan dari Goldman Sachs Group Inc. memperkirakan sekitar 300 juta pekerja di seluruh dunia sebentar lagi akan terdampak oleh otomasi AI. 

Tren demografi juga mendukung ide bahwa menjadi dokter atau perawat menjadi pilihan yang lebih bijak bagi generasi muda: Para ekonom memperkirakan permintaan besar akan pekerja layanan kesehatan karena populasi tua di AS dan seluruh dunia. 

Terkait potensi dampak AI ke Wall Street, hanya 12% mengatakan sektor finansial adalah opsi karir terbaik bagi anak yang sekarang masih TK. 

Survey MLIV sebelumnya menemukan bahwa sebagian besar profesional di sektor finansial yakin AI tidak akan bisa menggantikan fungsi mereka dalam tiga tahun ke depan, keyakinan itu tampaknya mulai luntur untuk waktu yang lebih lama. 

Pengurangan pegawai dalam jumlah besar ketika UBS Group AG mengambil alih Credit Suisse Group AG, digabung dengan pengumuman PHK Citigroup Inc, Morgan Stanley dan Goldman Sach tampaknya juga mempengaruhi pandangan para responden survey ini. 

Laporan pendapatan kuartal pertama tahun ini mulai diumumkan Jumat ketika JPMorgan Chase & Co. Citigroup Inc. dan Wells Fargo & Co mendapat profit besar dari bunga tinggi yang bertolak belakang dengan situasi bank-bank kecil bulan lalu. 

Meski demikian, bank-bank besar mengindikasikan sikap hati-hati termasuk dalam penerimaan pegawai. 

JPMorgan menerima lebih banyak pegawai namun bertekad untuk tidak menambah jumlah pegawai hingga akhir tahun ini dan bersikap hati-hati terkait langkah pembelian kembali.

Meski AI diperkirakan akan memberi dampak besar pada pakar piranti lunak, hampir 30% investor masih memandang pilihan terbaik bagi generasi muda saat ini adalah berkarier di Sillicon Valley.

Challenger sepakat dengan hasil survey ini. "Saya berpendapat pakar di bidang teknologi - dan ilmu lain seperti finansial. Kemampuan yang berharga dan jarang dimiliki adalah jembatan antara dua dunia."

Sebagian besar responden mengatakan gelar S1 masih berharga, meski ini adalah investasi besar di sisi waktu dan uang. Tapi, mereka mengindikasikan bahwa masuk sekolah kejuruan untuk menjadi tukang kayu, listrik atau pipa air/gas yang tidak dengan mudah diotomasi, bisa menjadi jalur karir yang patut dipertimbangkan. 

MLIV Pulse adalah survey mingguan pada pembaca Bloomberg News, dilaksanakan oleh tim Markets Live Bloomberg yang juga menjalankan Blog MLIV di terminal.

--Dengan asistensi Heather Burke.

(bbn)

No more pages