Logo Bloomberg Technoz

Jepang Kekurangan Bahan Bakar Jet, Ancam Ganggu Penerbangan

News
11 June 2024 18:00

Maskapai penerbangan ANA Holding Inc. (Dok Bloomberg)
Maskapai penerbangan ANA Holding Inc. (Dok Bloomberg)

Shoko Oda dan Supriya Singh - Bloomberg News

Bloomberg, Maskapai penerbangan yang beroperasi di Jepang mengeluhkan kekurangan pasokan bahan bakar jet. Mereka meminta peningkatan pasokan dari perusahaan penyulingan minyak terbesar di Jepang.

Eneos Holdings Inc, perusahaan penyulingan minyak terbesar di Jepang, telah dihubungi oleh berbagai maskapai penerbangan. Menurut juru bicara Eneos via telepon, mereka tengah bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatasi masalah ini. Ia menambahkan, faktor-faktor seperti kekurangan tenaga kerja di bandara dan hambatan logistik turut menyebabkan bahan bakar tidak sampai ke tujuan.

Yen yang melemah membuat Jepang menjadi tujuan wisata yang menarik. Jumlah turis mencapai rekor, terutama dari negara dengan mata uang yang lebih kuat. Mereka berbondong-bondong ke Jepang sehingga menekan sektor terkait seperti hotel dan restoran.

Menurut data yang dikumpulkan oleh BloombergNEF, perjalanan internasional diperkirakan akan meningkatkan konsumsi bahan bakar jet global tahun ini. Jumlah penerbangan dari Asia diperkirakan naik 23% dari tahun sebelumnya.