Logo Bloomberg Technoz

China Jatuhkan Denda pada PwC atas Audit Evergrande

News
30 May 2024 14:00

PwC di China. (Dok: Bloomberg)
PwC di China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China siap menjatuhkan denda dalam jumlah yang sangat besar kepada PricewaterhouseCoopers LLP (PwC) dan menangguhkan beberapa operasi lokal auditor global tersebut atas perannya dalam salah satu kasus dugaan penipuan keuangan terbesar di negara tersebut, menurut beberapa pihak yang mengetahui hal tersebut.

Kementerian Keuangan mungkin akan mengumumkan hukuman kepada PwC secepatnya minggu ini atas pekerjaan auditnya untuk China Evergrande Group, kata orang-orang yang tidak ingin disebutkan namanya karena membahas masalah pribadi.

PwC menghadapi denda setidaknya 1 miliar yuan (US$138 juta), kata orang-orang tersebut. Jumlah tersebut akan melebihi rekor denda sebelumnya untuk sebuah kantor akuntan, yaitu 212 juta yuan yang dijatuhkan kepada Deloitte Touche Tohmatsu Ltd pada tahun 2023.

Bagian dari hukuman juga dapat mencakup penghentian operasi di beberapa kantor PwC di China, kata orang-orang tersebut, menambahkan bahwa keputusan tersebut belum final dan rinciannya dapat berubah.