Logo Bloomberg Technoz

Wisatawan Asia Tenggara ke China Melonjak Usai Visa Dipermudah

News
30 May 2024 11:50

Bendera China. (Dok: Bloomberg)
Bendera China. (Dok: Bloomberg)

Shirley Zhao - Bloomberg News

Bloomberg, China mendapatkan kembali statusnya sebagai hotspot bagi wisatawan Asia Tenggara. Menurut platform pemesanan Klook Travel Technology Ltd, hal ini karena adanya program bebas visa yang ditawarkan dan kemudahan ases dalam sistem pembayaran non-tunai China.

Sejauh ini, pemesanan dari Asia Tenggara ke China daratan pada tahun 2024 telah "beberapa kali lipat" lebih tinggi daripada tingkat sebelum pandemi, Ethan Lin, kepala eksekutif Klook, mengatakan dalam sebuah wawancara di Konferensi Investasi Asia UBS di Hong Kong. Keseluruhan perjalanan masuk ke daratan utama dapat sepenuhnya pulih ke angka sebelum COVID-19 pada tahun 2025, tambahnya.

Orang-orang dari beberapa bagian wilayah "tidak memiliki banyak tempat yang dapat mereka kunjungi dengan akses bebas visa," kata Lin. "Jadi, Tiongkok kini telah menjadi salah satu tempat utama yang mereka kunjungi."   

Dalam beberapa bulan terakhir, China melonggarkan pembatasan visa bagi orang-orang dari Thailand, Malaysia, dan Singapura, bersama dengan beberapa negara Eropa dan penumpang kapal pesiar, dalam upaya untuk meningkatkan pariwisata dan investasi.