Logo Bloomberg Technoz

BREN Serap 61% Dana Hasil IPO Kurang dari Satu Tahun

Sultan Ibnu Affan
30 May 2024 10:25

Prajogo Pangestu. (Sumber: Bloomberg)
Prajogo Pangestu. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) telah menyerap lebih dari 50% penggunaan dana hasil penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Hingga kuartal I-2024, emiten milik Prajogo Pangestu itu sudah menggunakan dana hasil IPO sebesar Rp1,92 triliun. 

BREN melakukan IPO pada Oktober tahun lalu. Kala itu, perusahaan meraup dana segar Rp3,13 triliun. Artinya, BREN telah menyerap 61,34% dana hasil IPO kurang dari setahun.

Secara rinci, dana tersebut digunakan untuk penyetoran modal kepada anak usaha Star Energy Group Holding Pte. Ltd. (SEGHPL) sebesar Rp1,43 triliun untuk membayar sebagian utang fasilitas B kepada Bangkok Bank.

Kemudian, sisanya Rp497,3 miliar digunakan untuk penyertaan modal kepada entitas usaha lain, yakni PT Barito Wind Energy, yang digunakan untuk pembayaran fasilitas tranche B dari BNI sebesar US$29 juta atau setara Rp470,2 miliar (asumsi kurs saat ini). Sisanya digunakan untuk kebutuhan umum korporat perseroan.

Penggunaan dana IPO ini juga telah disetujui para pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang diselenggarakan pada Rabu, kemarin.