Logo Bloomberg Technoz

The Fed Tak Buru-buru Pangkas Suku Bunga, Tunggu Inflasi Turun

News
28 May 2024 17:20

Neel Kashkari (Sumber: Bloomberg)
Neel Kashkari (Sumber: Bloomberg)

Jana Randow dan Zoe Schneeweiss - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Federal Reserve Bank of Minneapolis, Neel Kashkari, mengatakan para pembuat kebijakan harus bersabar dalam memantau apakah inflasi cukup melambat sebelum menurunkan suku bunga.

Dalam wawancara dengan CNBC, Kashkari mengatakan ekonomi tetap "sangat tangguh" dan pasar tenaga kerja terus kuat, terutama di sektor jasa. Dia menambahkan, meskipun tidak ada yang bisa dikesampingkan dalam hal kebijakan di masa depan, sebaiknya bank sentral atau Federal Reserve (The Fed) menunggu dan mengamati situasinya.

"Banyak orang mengira kita akan berada dalam resesi menjelang akhir tahun lalu, tetapi itu tidak terjadi. Sebaliknya, kita mengalami pertumbuhan yang sangat kuat. Konsumen AS tetap tangguh, dan pasar perumahan juga demikian. Jadi, saya tidak melihat perlunya terburu-buru menurunkan suku bunga. Saya pikir kita harus bersabar dan melakukannya dengan benar," ungkap Kashkari.

"Di awal tahun ini, inflasi 'bergerak stagnan,' dan hal itu menimbulkan pertanyaan dalam benak saya: apakah proses disinflasi berlanjut atau apakah kita berada di level inflasi 3%. Saya pikir masih terlalu dini untuk mengetahui dan kita perlu menunggu dan melihat untuk mendapatkan keyakinan yang lebih besar," lanjutnya.