Logo Bloomberg Technoz

Baru Melantai di Bursa, PGEO Raup Laba Bersih Nyaris Rp 2 T

Elisa Valenta
30 March 2023 18:25

PLTP Lahendong milik Pertamina Geothermal Energy (Dok. Perseroan)
PLTP Lahendong milik Pertamina Geothermal Energy (Dok. Perseroan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten anak usaha Pertamina yang bergerak dalam sektor panas bumi, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (IDX: PGEO), mencatat kenaikan laba hingga 49,7% sepanjang 2022. 

Perusahaan yang baru mencatatkan sahamnya di lantai bursa bulan lalu ini, mencetak kinerja positif berkat program efisiensi, penjualan uap, listrik, dan pendapatan lain. Dalam laporan keuangan yang telah diaudit, tercatat PGE mencatat laba bersih 2022 senilai US$127,3 juta setara Rp1,98 triliun, naik signifikan dari pencapaian 2021 senilai US$85 juta (Rp1,2 triliun)

Sepanjang 2022 perusahaan mencatat peningkatan pendapatan operasional sebesar 4,7% year-on-year (yoy) yang berkontribusi pada kenaikan pendapatan sebesar US$17 juta.  

Salah satu faktor peningkatan tersebut berasal dari meningkatnya harga jual uap dan listrik yang mengacu pada US Producer Price Index (PPI) dan Consumer Price Index (CPI).

Selain itu, kenaikan laba ini didukung beban operasional perusahaan yang turun signifikan sebagai hasil dari program efisiensi yang dijalankan oleh perusahaan. Dari sisi pendapatan lain-lain, PGE juga membukukan penjualan carbon credit sebagai new revenue generator.