Logo Bloomberg Technoz

Ada Smelter Nikel Meledak Lagi, DPR Pertanyakan Efek Hilirisasi

Dovana Hasiana
22 May 2024 17:40

Smelter nikel./Bloomberg- Cole Burston
Smelter nikel./Bloomberg- Cole Burston

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta pemerintah untuk mengevaluasi secara menyeluruh program hilirisasi mineral nasional, menyusul terjadinya ledakan smelter di PT Kalimantan Ferro Industry (KFI), pekan lalu.

"Pemerintah jangan anggap enteng rentetan kecelakaan di smelter milik perusahaan China, sebab hal itu bisa membahayakan masyarakat di sekitar kawasan smelter," ungkap Mulyanto dalam keterangannya melalui situs resmi DPR, Rabu (22/5/2024).

Menurut Mulyanto, peristiwa tersebut menjadi momentum yang tepat untuk mengadakan pembaruan agar pengelolaan sumber daya alam di Indonesia makin optimal dalam memberikan nilai tambah domestik dan efek kesejahteraan bagi masyarakat.

"Ini kan menyedihkan kalau sebentar-bentar terjadi ledakan smelter yang menimbulkan kerugian besar bagi pekerja maupun masyarakat," tambah Politisi Fraksi PKS ini.

Selain itu, Mulyanto menyoroti ihwal penerimaan keuangan negara dari program hilirisasi yang tidak sebanding dengan insentif yang diberikan pemerintah.