Logo Bloomberg Technoz

Kelangkaan Semikonduktor Teratasi, Penjualan Toyota Februari Naik

News
30 March 2023 12:41

Logo Toyota pada salah satu gerai penjualan mobil milik Astra International. (Dok NG SWAN TI/Bloomberg)
Logo Toyota pada salah satu gerai penjualan mobil milik Astra International. (Dok NG SWAN TI/Bloomberg)

Supriya Singh - Bloomberg News

Bloomberg - Toyota Motor Corp mengatakan produksi mobil global naik 1,4% pada Februari 2023 setelah masalah pasokan semikonduktor teratasi. Produsen mobil Jepang sempat mengalami kekurangan semikonduktor untuk mobil dan gangguan yang berkepanjangan dari pandemi Covid-19.

Produsen mobil terbesar di dunia ini memproduksi 896.712 unit kendaraan pada Februari. Penjualan global, termasuk Daihatsu Motor Co. dan Hino Motors Ltd. naik 10,5% menjadi 856.376 unit, sebut perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (30/3/2023).

Angka-angka tersebut cukup berarti bagi Toyota sebagai pemimpin penjualan kendaraan mesin berbahan bakar minyak. Laporan ini disampaikan hanya beberapa hari sebelum CEO Lexus, Koji Sato,  resmi menjadi CEO baru Toyota dan mengarahkan produsen mobil Jepang ini menuju masa depan kendaraan listrik dan sumber energi terbarukan.

Pengunjung mengamati mobil Toyota dalam pameran IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Pertanyaan besarnya adalah apakah ia dapat memanfaatkan keunggulan Toyota saat ini di tengah pergeseran dalam industri otomotif global.