Logo Bloomberg Technoz

Asing Masuk Borong SBN, Sepekan Ini Rupiah Menguat 0,56%

Tim Riset Bloomberg Technoz
17 May 2024 18:15

Ilustrasi rupiah. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi rupiah. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah mengakhiri pekan ini dengan penguatan mingguan 0,56% dibanding posisi penutupan pekan lalu, meski di akhir perdagangan hari ini, Jumat (17/5/2024), rupiah ditutup lebih lemah ketimbang hari sebelumnya.

Rupiah diparkir di level Rp15.955/US$, melemah 0,2% dibanding hari Kamis akan tetapi mencerminkan penguatan mingguan dan untuk pertama kalinya rupiah menutup pekan menguat di bawah Rp16.000/US$.

Hari ini aset emerging market terimbas kempisnya sentimen bullish pasar global karena keraguan pelaku pasar bahwa The Fed mungkin hanya akan memangkas bunga acuan sekali saja tahun ini, lebih kecil dibanding ekspektasi sebelumnya hingga dua kali.

Hal itu membuat pamor dolar AS kembali terangkat dan membatasi pergerakan mata uang yang menjadi lawannya termasuk rupiah. 

Kekuatan rupiah pekan ini didukung oleh kembalinya investor asing ke pasar surat utang RI dengan pembelian neto mencapai Rp5,3 triliun dan di SRBI sebesar Rp19,17 triliun pada periode 13-16 Mei. Namun, di pasar saham, investor masih mencatat jual neto Rp2,4 triliun pada periode yang sama.