Logo Bloomberg Technoz

REI Klaim Sekarang Saat Tepat Beli Rumah, Meski BI Rate Naik

Pramesti Regita Cindy
15 May 2024 12:00

Suasana perumahan subsidi pemerintah di Kawasan Ciseeng Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana perumahan subsidi pemerintah di Kawasan Ciseeng Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Realestat Indonesia (REI) mengatakan saat ini merupakan periode tepat untuk membeli atau berinvestasi rumah, kendati suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) baru saja dinaikkan 25 basis poin menjadi 6,25%.

Ketua Umum REI Joko Suranto mengatakan alasannya adalah karena kebijakan pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) masih berlaku untuk bantuan pembelian rumah tapak dan rumah susun.

Menurutnya, dengan diberlakukannya insentif tersebut, dalam ketentuan PPN DTP, pengembangan tidak boleh menaikkan harga secara bebas.

"Maka ketika menggunakan format PPN DTP tidak ada kenaikan harga, artinya dalam beberapa tahun terakhir relatif tidak ada kenaikan harga. Jadi ini adalah saat-saat yang bagus dan momentum yang tepat untuk membeli rumah," kata Joko kepada Bloomberg Technoz, dikutip Rabu (15/5/2024).

Ilustrasi Perumahan. (Dimas Ardian/Bloomberg)


Joko pun menilai masyarakat tidak perlu khawatir untuk membeli rumah, meski belum lama ini suku bunga acuan naik. Kenaikan bunga tersebut, klaimnya, tidak berdampak secara langsung pada kredit kepemilikan rumah (KPR).