Logo Bloomberg Technoz

Bank Mandiri Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,06% di 2024

Sultan Ibnu Affan
14 May 2024 18:50

Bank Mandiri (Dok. PT Bank Mandiri Tbk)
Bank Mandiri (Dok. PT Bank Mandiri Tbk)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau Bank Mandiri memproyeksikan kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di angka 5,06% hingga akhir 2024.

Kepala Ekonom Bank Mandiri, Andry Asmoro mengatakan perkiraan tersebut didasarkan atas pertumbuhan ekonomi Tanah Air hingga kuartal 1 2024 ini masih cukup resilien dalam menghadapi gejolak global.

"Di kuartal 1, perkembangan ekonomi juga cukup baik, tumbuh dengan dukungan dampak pemilu bulan puasa ramadan dan jelang lebaran. Berakhirnya rangkaian tahapan Pilpres juga akan mendorong keyakinan pelaku ekonomi untuk melakukan ekspansi. " ujar Andry dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (15/4/2024).

Selain itu, kata Andry, perhelatan proses pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) pada kuartal akhir tahun ini juga akan membantu mendongkrak pertumbuhan konsumsi.

Badan Pusat Statistik (BPS) SEBELUMNYA mengumumkan data pertumbuhan ekonomi kuartal I-2024. Di luar ekspektasi, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia tumbuh 5,11%, lebih tinggi secara tahunan.