Logo Bloomberg Technoz

Suku Bunga Mungkin Dipertahankan untuk 'Periode yang Lebih Lama'

News
08 May 2024 07:00

Neel Kashkari (Sumber: Bloomberg)
Neel Kashkari (Sumber: Bloomberg)

Catarina Saraiva dan Ryan Gould - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of Minneapolis Neel Kashkari mengatakan kemungkinan besar bank sentral akan mempertahankan suku bunga di tempatnya "untuk jangka waktu yang lama" hingga para pejabat yakin inflasi berada di jalur yang sesuai dengan target mereka.

Dalam sebuah esai yang diterbitkan pada Selasa, Gubernur Fed Minneapolis mengatakan data inflasi baru-baru ini menimbulkan pertanyaan tentang apakah kebijakan moneter cukup ketat untuk mengembalikan pertumbuhan harga sepenuhnya ke 2%, yang dilihat oleh para pembuat kebijakan sebagai titik manis dalam ekonomi yang sehat.

"Skenario yang paling mungkin adalah kita duduk di sini untuk jangka waktu yang lama," katanya pada Selasa di Milken Institute Global Conference. "Jika inflasi mulai turun kembali atau kita melihat beberapa pelemahan yang nyata di pasar tenaga kerja, maka hal ini dapat menyebabkan kita menurunkan suku bunga."

"Atau jika kami yakin pada akhirnya bahwa inflasi sudah tertanam atau bercokol di 3% dan kami perlu menaikkan suku bunga, kami akan melakukannya jika diperlukan," tambahnya.