Logo Bloomberg Technoz

Rugi Menahun, Sepatu Bata (BATA) Tutup Pabrik di Purwakarta

Sultan Ibnu Affan
07 May 2024 14:45

Ilustrasi gerai sepatu Bata./Bloomberg- Dhiraj Singh
Ilustrasi gerai sepatu Bata./Bloomberg- Dhiraj Singh

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Sepatu Bata Tbk (BATA) resmi menutup pabriknya yang berada di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Penutupan pabrik produsen sepatu ternama di Indonesia itu imbas dari sulit pulihnya permintaan pasar dan penjualan setelah diterpa badai selama pandemi Covid-19.

Manajemen menjelaskan diberhentikannya operasional pabrik Sepatu Bata di Purwakarta yang dilakukan sejak 30 April 2024, merupakan bagian dari upaya Perusahaan selama 4 tahun terakhir untuk bertahan di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi serta perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat. 

Tak hanya itu, kapasitas produksi pabrik juga jauh melebihi kebutuhan yang bisa diperoleh secara berkelanjutan dari pemasok lokal di Indonesia.

"Dengan adanya keputusan ini, maka Perusahaan tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta." ujar Sekretaris Perusahaan Bata Hatta Tutuko dalam pemberitahuan dari manajemen, Senin (6/5/2024).

Jika menilik laporan keuangannya sepanjang 2023, BATA sendiri mencatatkan kerugian bersih sebesar Rp190,2 miliar. Angka ini membengkak 79,66% dari rugi tahun sebelumnya yang sebesar Rp105,9 miliar.