Logo Bloomberg Technoz

Prediksi BMKG soal Potensi Cuaca Seminggu ke Depan

Dinda Decembria
05 May 2024 20:30

Pantauan Satelit BMKG tentang prediksi cuaca di Indonesia. (Dok. BMKG)
Pantauan Satelit BMKG tentang prediksi cuaca di Indonesia. (Dok. BMKG)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca pada awal Mei 2024.

Kepala Pusat Meteorologi Publik, Andri Ramdhani menyampaikan bahwa pada seminggu ke depan awal Mei 2024 masih diliputi prakiraan potensi hujan dengan intensitas lebat di beberapa wilayah Indonesia.

Di antaranya Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Kondisi ini dipicu oleh aktivitas gelombang atmosfer, yaitu gelombang ekuatorial Rossby dan gelombang Kelvin, Madden-Julian Oscillation (MJO), dan sirkulasi siklonik yang membentuk daerah perlambatan dan pertemuan angin, khususnya di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

"Mengingat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat masih dapat terjadi di Indonesia, sedangkan sebagian wilayah lain masih berpotensi mengalami fenomena suhu panas, maka masyarakat diimbau untuk tetap tenang namun selalu waspada terhadap potensi bencana, serta terus memantau informasi peringatan dini cuaca melalui aplikasi infoBMKG untuk mendapatkan informasi yang lebih detail," kata Andri dalam keterangan website BMKG.