Logo Bloomberg Technoz

Jika Hukuman 3 Tahun Jadi Nyata, Bos Binance CZ Tetap Kaya Raya

News
30 April 2024 08:40

Changpeng Zhao founder Binance saat keluar dari pengadilan federal Seattle, Washington. (Dok: Chloe Collyer/Bloomberg)
Changpeng Zhao founder Binance saat keluar dari pengadilan federal Seattle, Washington. (Dok: Chloe Collyer/Bloomberg)

Olga Kharif dan Muyao Shen-Bloomberg News

Bloomberg, “Lebih baik meminta maaf daripada izin” dalam hal mematuhi hukum, miliarder pendiri bursa mata uang kripto Binance ini pernah mengatakan kepada timnya, menurut pemerintah AS.

Sekarang saatnya bagi Changpeng “CZ” Zhao untuk meminta pengampunan, namun jaksa penuntut tidak berminat untuk mengabulkannya.

Dalam pengajuan pengadilan sebelum sidang pada hari Selasa, mereka mengutip sikap tersebut yang ditunjukkan dalam pernyataan ini dan pernyataan lainnya sebagai salah satu alasan mereka merekomendasikan pengadilan untuk memberikan hukuman tiga tahun penjara—lebih lama dari yang ditetapkan— setelah pengakuan bersalahnya atas pelanggaran undang-undang anti pencucian uang pada bulan November. 

Jika hakim Seattle setuju dengan jaksa dan memerintahkan dia dipenjara, Zhao akan masuk ke dalam buku sejarah sebagai orang terkaya yang pernah dipenjara di penjara federal AS karena kepemilikannya atas Binance—namun sekitar US$43 miliar kekayaan pribadinya yang terkait dengannya— tetap tak tersentuh.