Logo Bloomberg Technoz

Presiden Turki Erdogan Tunda Kunjungan AS untuk Bertemu Biden

News
27 April 2024 07:00

Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Oliver Bunic/Bloomberg)
Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Oliver Bunic/Bloomberg)

Selcan Hacaoglu, Firat Kozok dan Jennifer Jacobs - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menunda rencana perjalanan ke Washington DC, Amerika Serikat (AS) untuk bertemu Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih pada 9 Mei 2024, menurut seorang pejabat senior yang mengetahui masalah tersebut.

Turki memutuskan untuk menunda kunjungan tersebut, kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya, dan hanya mengatakan bahwa penundaan tersebut terkait dengan perubahan jadwal Erdogan. Juru bicara Gedung Putih mengatakan pertemuan itu tidak pernah diumumkan. Namun para pejabat dari kedua negara secara pribadi mengonfirmasi rencana kunjungan tersebut.

Turki dan AS akan membahas tanggal baru kunjungan Erdogan, kata pejabat senior tersebut, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Para pejabat AS, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, membenarkan bahwa pihak Turki membatalkan kunjungan tersebut tetapi presiden Turki mungkin ingin datang pada waktu yang lebih tepat nanti.

Rencana pertemuan tersebut bertepatan dengan upaya bersama untuk meningkatkan hubungan pertahanan dan perdagangan saat perang Israel-Hamas berlanjut di Gaza dan setelah Iran dan Israel saling menyerang wilayah masing-masing, sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa konflik Timur Tengah yang lebih luas akan semakin dekat. Turki adalah sekutu utama AS di Timur Tengah yang juga memberikan sejumlah dukungan militer kepada Ukraina melawan invasi pasukan Rusia.