Logo Bloomberg Technoz

"Sebagai hasilnya, kami dapat bergerak maju dengan penyediaan ATACMS ini sambil tetap mempertahankan kesiapan angkatan bersenjata kami saat ini," kata juru bicara Pentagon, Mayor Charlie Dietz.

Biden juga mengarahkan timnya untuk mengambil langkah ini menyusul pengadaan dan penggunaan rudal balistik Korea Utara oleh Rusia terhadap Ukraina, dan serangan Rusia terhadap infrastruktur sipil di Ukraina, kata seorang pejabat AS.

"Kami telah memperingatkan Rusia agar tidak membeli rudal balistik Korea Utara dan agar tidak memperbaharui serangannya terhadap infrastruktur sipil Ukraina," kata Dietz. "Dengan masalah kesiapan kami yang telah teratasi, kami dapat menindaklanjuti peringatan kami dan memberikan kemampuan jarak jauh ini kepada Ukraina."

Lebih banyak lagi rudal yang diharapkan akan disertakan dalam paket bantuan militer baru yang diumumkan Pentagon pada Rabu setelah Biden menandatangani paket bantuan senilai hampir US$61 miliar untuk Ukraina setelah berbulan-bulan penundaan di Kongres.

Musim gugur yang lalu, AS pertama kali mengirim Ukraina varian jarak menengah dari sistem rudal ATACMS, yang dapat mencapai sekitar 100 mil, sementara versi jarak yang lebih jauh dapat mencapai sejauh 190 mil.

Para pejabat Ukraina telah meminta AS secara pribadi dan di depan umum agar rudal jarak jauh dapat menargetkan lebih jauh di belakang garis Rusia. Para pejabat AS sebelumnya telah menolak, dengan alasan masalah pasokan dan kekhawatiran tentang provokasi lebih lanjut terhadap Moskow jika rudal-rudal tersebut digunakan.

(red/ros)

No more pages