Logo Bloomberg Technoz

Taruhan tersebut mulai membuahkan hasil, dengan beberapa pelanggan menambahkan alat AI yang merangkum dokumen dan menghasilkan konten atau mendaftar untuk langganan cloud Azure yang menampilkan produk-produk OpenAI.

"Pendapatan AI generatif Microsoft sudah menjadi pendorong utama saham," kata Dan Morgan, manajer portofolio senior di Synovus Trust Co. 

"Microsoft tampaknya dalam posisi yang sangat baik untuk berkembang."

Pendapatan Azure meningkat 31% dalam kuartal ini, di atas prediksi rata-rata sebesar 29% dan sedikit meningkat dari pertumbuhan 30% pada periode sebelumnya. Sekitar 7% dari peningkatan tersebut dapat diatribusikan pada AI, dibandingkan dengan 6% pada kuartal sebelumnya.

"Anda melihat pertumbuhan yang sehat di seluruh Azure, baik di layanan non-AI maupun AI, yang penting," kata Chief Financial Officer Amy Hood dalam sebuah wawancara. 

"Meskipun tentu saja masih awal dalam kesempatan monetisasi AI jangka panjang, kami merasa baik tentang posisi kami." 

Perusahaan merasa senang dengan apa yang telah dilihat sejauh ini dalam hal adopsi pelanggan, katanya.

Pendapatan produk cloud komersial naik 23% menjadi US$35,1 miliar, kata Microsoft. Pemesanan komersial, ukuran pendapatan masa depan, naik 29%, "jauh di depan dari yang kami harapkan," kata Hood.

Saham naik sekitar 5% dalam perdagangan akhir. Saham tersebut telah ditutup di US$399,04 di New York. Saham naik 12% pada kuartal Maret karena optimisme bahwa kepemimpinan awal perusahaan dalam merilis produk AI generatif akan meningkatkan penjualan.

Asisten AI

Microsoft telah memanfaatkan investasi US$13 miliar mereka di perintis riset OpenAI untuk menciptakan serangkaian asisten AI dan fitur lain untuk produk yang berkisar dari Windows hingga Office, perangkat lunak keamanan hingga mesin pencari Bing, banyak di antaranya mengenakan biaya tambahan bagi pelanggan untuk penggunaan.

Perusahaan ini mengeluarkan banyak biaya untuk memperluas jaringan pusat data globalnya guna memenuhi permintaan layanan AI yang meningkat—dengan biaya modal mencapai US$14 miliar selama kuartal tersebut. 

“Kami melihat permintaan AI terus tumbuh, dan oleh karena itu kami akan terus bekerja untuk memenuhinya,” kata Hood.

Pada 1 November, raksasa perangkat lunak ini merilis secara luas versi perusahaan dari Microsoft 365 Copilot—sebuah asisten AI untuk program Office seperti Outlook, Word, PowerPoint, dan Teams kepada pelanggan besar. Alat baru ini menelan biaya tambahan US$30 per bulan di atas langganan yang ada, dan suatu hari nanti bisa menjadi sumber pendapatan berulang yang berarti. 

Tahun ini, Microsoft memperluas akses ke perusahaan kecil dan meluncurkan versi konsumen AI asisten seharga US$20.

Microsoft juga berusaha mendorong AI di luar pasar korporat. Nadella bulan lalu mengontrak salah satu pendiri Google DeepMind, Mustafa Suleyman, untuk mengawasi operasi AI konsumen perusahaan, sebuah langkah yang mencerminkan ketidakpuasan CEO terhadap upaya perusahaan untuk menciptakan dan menerapkan produk AI untuk pengguna rumahan, seperti dilaporkan Bloomberg sebelumnya.

Perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington, ini juga memasukkan AI ke dalam bisnis keamanan siber yang berkembang cepat. Perusahaan baru-baru ini merilis alat yang dapat menghasilkan ringkasan insiden mencurigakan dan mengungkap metode yang digunakan peretas untuk menyamarkan niat mereka. 

Menurut catatan dari Bank of America Securities, operasi keamanan siber, yang merupakan yang terbesar di dunia, menunjukkan "kekuatan relatif,"

Revisi Keamanan

Namun, awal bulan ini, Dewan Tinjauan Keamanan Siber AS mengeluarkan laporan tajam yang mendokumentasikan ketidakmampuan perusahaan untuk menghentikan peretas dari mencuri kotak surat email pejabat AS. 

Perusahaan telah mengumumkan revisi keamanan terbesar dalam lebih dari dua dekade, tetapi masih belum jelas apakah upaya tersebut akan secara memadai mengatasi tantangan tersebut atau meredakan kritik.

Bisnis perangkat lunak desktop Microsoft mendapat manfaat dari stabilisasi permintaan untuk komputer pribadi. 

Penjualan PC global kembali ke pertumbuhan dengan kenaikan 1,5% pada kuartal tersebut, menurut firma riset pasar IDC, didorong oleh pemulihan di sebagian besar wilayah. Pendapatan Windows naik 11% pada kuartal tersebut, kata perusahaan.

Penjualan konten dan layanan Xbox melonjak 62%, hampir seluruhnya berkat dorongan pendapatan dari akuisisi Activision Blizzard senilai US$69 miliar, yang diselesaikan tahun lalu. Namun, Microsoft dan para pesaing masih berjuang untuk mengembalikan pertumbuhan ke industri game secara keseluruhan, yang terjebak dalam kelesuan pasca-pandemi.

Dalam upaya untuk menghidupkan kembali penjualan, Microsoft membuat empat game Xbox eksklusif tersedia untuk Nintendo Co.’s Switch dan PlayStation milik Sony Group Corp.

(bbn)

No more pages