Logo Bloomberg Technoz

Indonesia & China Kompak Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Redaksi
18 April 2024 18:00

Menteri Luar (Menlu) Negeri China Wang Yi bertemu dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi. (Sumber: Biro Pers Kemenlu)
Menteri Luar (Menlu) Negeri China Wang Yi bertemu dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi. (Sumber: Biro Pers Kemenlu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar (Menlu) Negeri China Wang Yi berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi untuk membahas sejumlah topik, termasuk situasi di Timur Tengah.

Retno mengatakan Indonesia dan China sama-sama mendesak semua pihak untuk menahan diri, agar konflik di Timur Tengah tidak meluas. Kedua pihak juga memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya gencatan senjata di Jalur Gaza.

"Kita juga memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya gencatan senjata di Gaza dan penyelesaian masalah Palestina secara adil melalui two-state solutions," ungkap Retno dalam jumpa per setelah pertemuannya dengan Wang Yi di gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Kamis (18/04/2024).

Hal yang sama juga dikatakan oleh Wang Yi dalam kesempatan yang sama. Dia menegaskan China akan mendukung Palestina menjadi anggota PBB dan mendorong two-state solution.

"Pihak Tiongkok mendukung DK PBB sekarang sesegera mungkin menerima Palestina sebagai anggota PBB. Kami menyerukan di dunia internasional yang lebih luas dan berwibawa, serta efektif agar bisa menghasilkan two-state solution," tegas Wang Yi.