Logo Bloomberg Technoz

Senat AS Tuntut Perombakan Budaya Keselamatan Boeing

News
18 April 2024 09:15

Boeing (Dok: Bloomberg)
Boeing (Dok: Bloomberg)

Julie Johnsson, Allyson Versprille dan Emily Birnbaum - Bloomberg News

Bloomberg, Anggota parlemen AS menantang Boeing Co untuk meluangkan waktu dan upaya yang diperlukan untuk mengatur ulang apa yang mereka sebut sebagai budaya keselamatan yang rusak dan mengkritik hubungan pembuat pesawat dengan regulator sebagai terlalu nyaman.

Boeing perlu dinilai dari apa yang dilakukannya, bukan dari apa yang dikatakannya, kata Senator Tammy Duckworth, seorang Demokrat dari Illinois, dalam pidato pembukaannya di Komite Perdagangan Senat pada Rabu.

Pada sidang kedua, Senator Richard Blumenthal mengatakan bahwa Boeing telah melakukan "investasi yang buruk" dengan apa yang disebut oleh Senator Demokrat dari Connecticut itu sebagai "fokus pada harga saham, pada laba kuartalan, pada uang daripada keselamatan."

Administrasi Penerbangan Federal (FAA), pada bagiannya, dikritik dalam kedua sesi tersebut, dituduh terlalu lunak terhadap perusahaan tersebut. Saksi ahli dalam dengar pendapat tersebut mengatakan bahwa tanggung jawab telah semakin dilimpahkan dari regulator kepada Boeing, sebagian untuk meningkatkan efisiensi, dan sebagian lagi karena FAA tidak memiliki sumber daya yang memadai.