Logo Bloomberg Technoz

Centang Biru Twitter Mulai Dihapus 1 April

News
24 March 2023 17:22

Ilustrasi Twitter (Dok. Unsplash)
Ilustrasi Twitter (Dok. Unsplash)

Vlad Savov - Bloomberg News

Bloomberg - Twitter akan mulai menghapus lambang centang biru atau lencana terverifikasi dari akun para penggunanya, pekan depan atau 1 April 2023. Perusahaan pengelola media sosial tersebut tetap memberikan layanan verifikasi akun, namun dengan metode berlangganan atau berbayar.

Rencana ini memang sudah muncul saat Elon Musk mulai mengambil alih Twitter, Oktober 2022. CEO perusahaan mobil listrik Tesla itu memang sempat mengkritik sistem pemberian centang biru pada sejumlah akun. 

Ke depan, hanya akun perorangan, perusahaan, badan hukum, dan lembaga pemerintah yang membayar iuran langganan bisa mendapatkan lencana terverifikasi. Warnanya pun tak hanya biru. Sejumlah akun, berdasarkan profil pemilik, akan mendapatkan warna berbeda seperti abu-abu dan emas.

Twitter (David Paul Morris/Bloomberg)

Twitter sendiri telah menerapkan label centang biru sebagai layanan verifikasi pemilik akun. Sebelumnya, lencana tersebut akan disematkan pada akun milik publik figur, tokoh, artis, seniman, influenser, pekerja media, perusahaan, hingga lembaga negara.